Membuat Halaman Sampul Cover Cantik di Word PowerPoint

Membuat Halaman Sampul Cover Cantik di Word PowerPoint Silakan buka Word Pilih Blank document silakan Tentukan ukuran cover yang kita inginkan klik tab layout, menu size misalnya kita gunakan ukuran kertas A4.

Membuat Halaman Sampul Cover Cantik di Word PowerPoint

Lebar 21 cm dan tingginya 29,7 cm Oke berikutnya silakan buka PowerPoint pilih Blank presentation ubah ukuran slide ini menjadi sama dengan ukuran A4 caranya klik pada tab desain pilih pada menu slide size.

Nah bagi pengguna powerpoint 2010 dan versi di bawahnya tidak ada menu slide size yang ada menu Pege setup adanya di sisi kiri oke kita lanjut, klik custom slide size silakan ketikan lebarnya 21 cm kemudian tingginya 29,7 cm klik oke.

Klik lagi insurfit nah ukuran slide Kita Sama persis dengan ukuran kertas A4 hilangkan area title and subtitlenya cara tercepat tinggal diblok seperti ini kemudian tekan tombol delete pada keyboard aktifkan guidenya klik tab view Beri tanda cek pada menu guids.

Langkah pertama kita buat sebuah bentuk kotak persegi tumpul klik pada tab insert, pilih menu Shape, pilih Ractangle round corner buat di sini silakan tingginya 25 cm lebarnya juga sama 25 cm Diketik saja angkanya kemudian enter atur ketumpulan sudutnya Caranya tinggal geser titik kuning yang ada di.

Pojok atas ini seperti ini nah misalnya ketumpulan sudutnya seperti ini kemudian hilangkan garis pinggirnya klik pada save outline pilih no outline silakan putar kotak persegi tumpul Ini 45 derajat ke arah kiri Caranya tinggal klik pada menu rotate pilih more Rotation option pada bagian Rotation silakan ketikkan angka.

Min45 seperti ini lalu enter Nah maka sekarang kotak persegi tumpul ini menjadi Diamond kita geser kita duplikat bentuk Diamond ini caranya tinggal tekan tombol conttrol dan huruf D pada keyboard nah ini hasil duplikatnya AC duplikatnya kita ganti warnanya misalnya dengan warna putih keabu-abuan yang ini kemudian duplikat.

Lagi Ctrl D yang ini kita ganti dengan abu-abu yang lebih tua seperti ini kemudian duplikat lagi Ctrl D kita ganti dengan warna ore klik pada color pilih more color pilih standar Misnya kita pilih warna oren yang.

Ini kalau terlalu tua silakan atur di bagian custom titik di pojok ini kita geser sedikit ke kanan nah seperti ini kemudian klik oke duplikat lagi Ctrl D Hasil duplikat yang ini warnanya kita ganti dengan warna gradasi klik gradient fill pada gradient stopnya kita hanya butuh dua stop warna silakan dua stop yang lainnya dihapus klik stop yang mau.

Di hapus Klik tombol remove klik lagi tombol remove tersisa dua stop yang kiri kita ganti dengan warna kuning yang ini stop yang sebelah kanan kita ganti dengan warna oren pilih more color pilih standar misalnya kita pakai warna orennya yang ini klik oke Angelnya kita naikkan misalnya jadi 103.

Silakan duplikat lagi yang mana saja ctrol D Nah ini hasil duplikatnya hasil duplikat yang terakhir yang ini kita isi filnya dengan gambar klik pada picture or texture F klik pada tombol Insert Silakan cari gambarnya misalnya kita gunakan gambar yang ini klik pada gambarnya Klik tombol insert nah Gambarnya masuk kalau terjadi gambarnya miring diagonal seperti ini.

Hilangkan tanda ceklis pada menu rotate with shap yang ada di bawah ini klik di sini Nah maka gambarnya jadi normal Oke sekarang kita atur posisinya yang jadi patokan adalah bentuk Diamond yang warna gradasi ini silakan digeser Sisi atas dan Sisi bawah harus pas di sudut slide kita kalau tidak.

Posts Related:

    Terlihat teman-teman bisa membuat bentuk Diamond warna gradasi ini menjadi

    Transparan dulu sementara caranya di bagian transparasi silakan beri nilai seperti ini ini untuk warna kuningnya yang ini untuk warna orennya sama ber nilai transpasi Nah maka di sini terlihat Sisinya harus pas dengan slide Oke jika sudah yakin sudah pas.

    Kembalikan ke nol nilai transparasinya yang ini juga sama ke nol nah Oke sekarang kita atur bentuk Diamond yang bergambar geser misalnya posisinya di sini seperti ini kemudian yang warna oren kita geser misalnya posisinya di sini Yang warna biru geser lagi misalnya posisinya seperti ini kemudian yang warna abu-abu tua yang ini misalnya posisinya di sini.

    Kemudian satu lagi yang warna abu-abu muda yang ini Ini samar hampir tidak terlihat yang ini kita geser ke sini nah posisinya bagian Sisi atas kirinya sejajarkan dengan bentuk Diamond gradasi seperti ini Misalnya ini sejajar Oke nanti desain dasarnya seperti ini kita lihat klik slide show nah seperti ini desain dasarnya bagian yang berlebihnya di sisi kanan ini tidak.

    Dipotong pun sebetulnya tidak jadi masalah tetapi karena akan kita pindahkan desainnya ke Microsoft Word lebih baik jika dipotong Oke kita potong semua bentuk Diamond ini yang melebihi batas slide ini caranya kita buat dulu sebuah kotak persegi kita perkecil silakan buat sebuah kotak persegi klik tab insert pilih pada menu save pilih.

    Retingle silakan buat yang besar yang menutupi semua bentuk Diamond kalau mau ditentukan ukurannya boleh di sini kita buat saja Misalnya lebarnya 100 cenm tingginya misalnya 75 cm nah seperti ini Beri nilai transparasi agar mudah dalam memotongnya pada bagian transparasi silakan geser 40% misalnya hilangkan garis pinggirnya klik pada save outline pilih no.

    Outline kemudian simpan di tengah-tengah slide caranya klik pada menu alli pilih alli center klik lagi pada menu alli pilih alli middle kotak persegi ini pasti berada di tengah-tengah slide kemudian duplikat kotak persegi ini ctrol D pada keyboard nah ini hasil duplikatnya hasil duplikatnya ini ubah ukurannya menjadi ukuran kertas A4 tingginya.

    29,7 ketikan saja di sini kemudian lebarnya 21 cm enter Nah jadi seperti ini silakan kotak persegi yang ukuran A4 ini simpan di tengah-tengah sama caranya klik pada menu Eli pilih alli center klik lagi pada menu alli pilih alli middle nah ini pas menutupi slide kita Oke sekarang kotak persegi yang besar ini kita bolongi tengah-tengahnya seukuran slide kita seukuran kertas.

    A4 caranya klik kotak persegi besarnya tekan dan tahan tombol kontrol pada keyboard klik kotak persegi kecil nah seperti ini setelah dua-duanya terseleksi klik pada cve format kemudian pilih menu merap pilih subtrack nah maka kotak persegi ini sekarang jadi bolong di tengah-tengahnya sekarang kita duplikat kotak persegi bolong ini ctrol D kasih.

    Duplikatnya sementara kita simpan di kanan misalnya di sini yang pertama kita potong bentuk Diamond bergambar klik bentuk Diamond bergambar tekan dan tahan tombolrol pada keyboard klik kotak persegi bolongelah terseleksi dua-duanya klik pada save format pilih menu merve pilih subtrack Nah maka di sini terpotong bagian.

    Kanannya sekarang potong bentuk Diamond yang warna gradasi yang kuning orang

    Silakan duplikat kotak perseginya Ctrl D Nah hasil duplikatnya silakan ke tengahkan klik pada menu alli pilih alli center klik lagi menu alli pilih alli middle Nah setelah ada di tengah-tengah silakan klik bentuk Diamond warna gradasi yang kuning oren tekan dan tahan tombol kontrol pada keyboard klik kotak.

    Persegi bolong klik pada shap format pilih merg shap pilih subtract Nah maka terpotong seperti ini lakukan hal yang sama untuk memotong bentuk Diamond yang lainnya duplikat Ctrl D ke tengahkan yang kita potong sekarang bentuk Diamond orange klik tekan dan tahan tombol conttrol pada keyboard klik kotak persegi klik merg saap pilih.

    Subtract Oke seperti itu cara memotongnya yang terakhir tidak usah diduplikat lagi langsung tinggal klik menu Eli pilih alli center klik menu alli pilih alli middle yang dipotong berarti untuk Diamond warna putih keabu-abuan klik tekan dan tahan tombol conttrol pada keyboard klik yang kotak persegi bolong merg saap subtract nah Maka hasilnya.

    Jadi seperti ini bentuk Diamond yang warna orange kuning ini kita beri efek klik klik pada menu save effect kita beri efek preset misalnya kita beri efek preset 2 nah seperti ini Kemudian untuk Diamond bergambar beri efek pula klik pada jendela format picture pilih menu efek pilih Shadow pada bagian preset silakan pilih.

    Shadow-nya offset lab misalnya kemudian kita atur blur-nya kita tinggikan 30 misalnya distancenya kita naikkan misalnya 10 nah jadinya seperti ini Nah kalau misalnya gambarnya jadi gepeng atau lonjong seperti ini silakan atur di bagian tile fixure S texture klik diamond bergambarnya pada format picture pilih.

    Fel and l Nah di sini pada bagian ta picture S tture silakan diatur nilai offset right-nya atau offset left-nya kita beri nilai negatif pada offset right-nya offset left-nya juga sama misalnya nah seperti itu Oke ini desain dasarnya sekarang kita tinggal membuat teksnya Caranya tinggal klik t insert.

    Pilih pada menu wordart pilih wordart 1 silakan ketikkan teksnya klik kotak area teksnya ubah bentuk ukuran dan warna fontnya klik pada tab home Pilih jenis fontnya kita tebalkan kemudian warna fontnya misalnya kita ganti dengan orang kita perkecil kemudian kita beri efek untuk teks ini klik pada save format pilih.

    Pada menu teks effectek pilih Shadow shadow-nya misalnya kita pilih inner Inside top yang ini nah jadinya seperti ini kalau di bagian Sisi sebelah kiri mau diberi logo silakan misalnya logonya kita simpan di atas bentuk Diamond jadi kita buat dulu bentuk diamond-nya klik pada tab insert pilih pada menu save pilih rectangle round corner yang ini.

    Kita buat di sini diameternya kita buat 2, cm * 2, cm lebarnya juga sama 2, cm seperti ini silakan atur ketumpulan sudutnya miringkan 45 derajat klik pada menu rotate mau Rotation option pada bagian Rotation di sini silakan ketikkan 45 enter ini jadinya kemudian hilangkan garis pinggirnya klik pada save outline pilih.

    No outline warnanya ganti Misalnya dengan orang tua tadi yang ini duplikat Ctrl D hasih duplikatnya yang ini kita ganti dengan warna kuning nah silakan paskan posisinya seperti ini Nah baru di tengah-tengah bentuk Diamond ini kita masukkan logo cara memasukkannya tinggal dicopy saja langsung Jadi silakan buka tempat menyimpan.

    Logonya misalnya faktor masukan logo ini dicopy silakan Klik Kanan pilih copy pindah lagi ke PowerPoint kita ke sini paste di sini atau ctrl V pada keyboard ini logonya silakan perkecil untuk memperkecil tekan dan tahan tombol pada keyboard salah satu sudutnya Dorong ke arah dalam silakan tempatkannya di sini oke seperti.

    Itu untuk membuat teks lainnya tinggal copy paste dari tag yang sudah kita buat sebelumnya ini Ctrl D Nah ini teks keduanya silakan misalnya di bawahnya mau ditambah teks lainnya silakan duplikat lagi Ctrl D pindah ke bawah ke sini misalnya duplikat lagi Ctrl.

    D duplikat lagi ctrol D duplikat lagi Ctrl D putar kita buat teksnya vertikal tempatkan di sini misalnya Oke seperti ini misalnya sekarang kita buat lagi sebuah kotak persegi ini opsionional klik tab insert pilih menu save pilih reangle.

    Buattinggi ukuran slide kita seper ini dengan warna gradasi klik gradient Fel warnanya semua ganti dengan hitam yang kiri ganti dengan hitam yang kanan juga dengan hitam yang kanan beri nilai transparasi full Nah kita ubah di sini Angelnya menjadi nol seperti ini yang kiri kita beri.

    Nilai transparasi 92 Misalnya ini jadinya kemudian hilangkan garis pinggirnya klik save outline pilih no outline nah silakan tempatkan di sini di sisi sebelah kiri nah jadinya seperti ini kita lihat preview-nya klik slid show nah ini desain cover kita di PowerPoint jika teman-teman ingin.

    Menyimpan desain cover ini dalam bentuk gambar di PowerPoint lebih mudah Oke caranya tinggal klik pada t file pilih menu export pilih Cheng file tipe Nah di sini silakan pilih mau PNG atau JPEG misalnya kita pilih JPEG kemudian klik save as beri nama file paper keren dan cantik di sini tipe filennya JPEG teman-teman bisa memilih tipe file lainnya jika diperlukan Oke.

    Setelah itu tinggal klik tombol save pada notifikasi yang muncul pilih just this one nah tersimpan sudah desain cover kita dalam bentuk file gambar kita lihat tadi hasilnya hasil ortnya tadi kita mengeksportnya ke my documen nah ini hasil ortnya dalam bentuk file jpeg kita lihat klik nah ini desain cover kita yang sudah bentile gar.

    Kahanutnya ahkan desain cover ini ke Microsoft Word caranya sebelum kita pindahkan desain cover ini ke word grupkan dulu semua elemen pada desain cover ini Jadi silakan diperkecil dulu se ini baru seleksi blok saja seperti ini sampai semua elemennya terseleksi nah ini semua elemen cover ini terseleksi Kemudian untuk membuat GR tinggal tekan tomboltrol dan huruf g.

    Pada atau boleh juga klik sve format pilih menu grup pilih grup Nah sekarang sudah jadi grup setelah itu silakan dicopy tinggal tekan tombol conttrol dan huruf C pada keyboard kemudian pindah ke word yang sudah kita buka tadi di sini jika teman-teman nanti menginginkan ada halaman kedua setelah cover silakan dienter dulu sampai muncul halaman kedua.

    Seperti ini nah silakan aktifkan lagi kursornya di halaman 1 Klik di sini baru ctrl V pada keyboard atau boleh klik pada tab home klik menu pce nah ini desain cover-nya silakan diatur posisinya digeser nah seperti ini jadilah desain cover kita di Word di sini teman-teman bisa mengedit mencetak menyimpan dan lain-lain silakan edit sesuai dengan.

    Kebutuhan Misalnya ini kita ganti jadi untuk mengeditnya cukup mudah Oke demikian Bagaimana cara membuat cover yang cantik menarik keren di PowerPoint dan di Microsoft Word semoga bermanfaat Terima kasih sudah menonton jangan lupa like subscribe diare dan ion loncengnya digarkan takupa pulaakor mengucapkan Bany Terima kasih.

    DISCLAIMER: In this description contains affiliate links, which means that if you click on one of the product links, I'll receive a small commission. This helps support the channel and allows us to continuetomake videos like this. All Content Responsibility lies with the Channel Producer. For Download, see The Author's channel. The content of this Post was transcribed from the Channel: https://www.youtube.com/watch?v=4q7-reqb_3g
Previous Post Next Post